728x90

Rafting Sungai Brantas


Rafting merupakan salah satu cabang dari olah raga alam bebas, atau yang biasa disebut dengan Olah Raga Arus Deras (ORAD). Dalam postingan saya kali ini saya akan memperkenalkan sungai dengan grade yang tidak begitu tinggi dan sangat cocok untuk latihan bagi para pemula.  

 Sungai brantas, merupakan sungai yang sangat terkenal didaerah jawa timur khususnya di daerah malang. Akan tetapi kali ini yang saya maksud adalah sungai brantas yang bertempat di Daerah kendal Payak Malang Selatan. Lokasinya tidak begitu jauh dari kota malang, hanya sekitar 30 menitan dari pusat kota malang. Rute perjalanan jika menggunakan sepeda motor bisa langsung saja menuju kearah Terminal Gadang di perempatan belok kearah selatan sekitar 8 km, jika ada pertigaan lurus saja.

 
Disungai ini tidak terdapat operator rafting jadi jika kita ingin melakukan latihan atau pengarungan biasa kita harus membawa perahu sendiri, atau jika tidak mempunyai perahu dapat mengusahakan meminjam di Pecinta Alam malang. Tapi keuntungan dari itu kita tidak perlu membayar kepada siapapun untuk melakukan pengarungan disungai ini. 
Start pengarungan biasa disebut daerah Komporan dan finishnya didaerah Kedal payak. Dalam pengarungan kita juga akan disuguhi dengan jeram-jeram yang cukup deras, apalagi kalau air sedang naik-naiknya. Disini juga terdapat banyak sekali daerah Flat yang biasanya cocok digunakan untuk aplikasi rescue termasuk flip-flop. Jeram yang paling tinggi gradenya disungai ini adalah jeram patahan dan jeram S yang terdapat diujung pengarungan atau finish.

Tertarik dengan sensasi refting disungai brantas??Silahkan mencoba.....

Previous
Next Post »